1st of May… A Day to Remember

Hari ini, tepat 20 tahun yang lalu, saya mengawali pengabdian saya pada sebuah perusahaan penerbangan BUMN. Ya… setiap peringatan hari buruh, saya juga memperingati mulainya perburuhan saya sebagai seorang buruh. Dulu namanya karyawan. Tidak ada yang berani mengatakan buruh karena takut dicap sebagai orang sosialis.

Saya mengawali pekerjaan dari bawah sampai menjadi seorang assistant manager. Tapi rupanya jiwa idealis saya tidak tepat untuk mendapat tempat di jabatan struktural. Orang-orang tua dulu selalu mengatakan agar bekerja dengan rajin dan jujur supaya sukses. Ternyata… sukses itu seringkali didapatkan dengan cara yang tidak jujur.

Setelah 5 tahun menjadi assistant manager, saya dilengserkan menjadi pejabat fungsional setingkat assistan manager dengan nama Inspector. Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah kegagalan perjalanan karir… tapi…. ternyata jiwa idealis saya mendapat tempat di sini. Sebagai inspector saya melakukan pengawasan agar setiap pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan peraturan. Sesuatu yang sangat sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Gambar

Sekarang sudah 6 tahun saya menjadi inspector dan sangat menikmati pekerjaan ini. Banyak hal baru dan wawasan baru yang saya dapatkan, yang sebelumnya tak terbayangkan. So… 1st of May is indeed a day to remember… seperti judul lagunya BeeGees yang saya sukai… 1st of May.

See you in the next post

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

