Mengingat Pentingnya Pendidikan di Hari Pendidikan Nasional

Tanggal 2 Mei adalah peringatan hari Penddikan Nasional di Republik ini. Pertanyaannya adalah, apakah pendidikan itu penting bagi kita? Untuk saya pribadi, pendidikan itu sangat penting.

Saya masih ingat, selepas STM, saya segera mendapat pekerjaan. Bapak menginginkan saya melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Makanya bapak malah sewot waktu saya diterima bekerja. Mungkin beliau tidak enak hati. Mosok bapaknya sarjana kok anaknya cuma lulusan STM. Maka saya berjanji pada bapak. Setelah bekerja akan melanjutkan sekolah.

Saya memenuhi janji itu. Setahun bekerja, saya melanjutkan sekolah di jurusan manajemen. Karena bekerja sambil kuliah, perlu waktu 7 tahun (14 semester) bagi saya untuk menyelesaikan sarjana.

Beberapa tahun kemudian, saya melanjutkan pendidikan ke tingkat Master. Lagi-lagi karena dorongan dari bapak. Kali ini walaupun sudah berkeluarga dan disambil bekerja, saya bisa menyelesaikan tepat waktu selama 4 semester.

Lalu apa yang saya dapat dengan pendidikan sebanyak itu. Ilmu sudah pasti. Tetapi ada satu hal yang sangat berarti bagi saya dengan semakin banyaknya ilmu yang saya dapat.Saya harus punya banyak ilmu untuk mengajari anak-anak saya. Terus terang saya tidak senang dengan sistem pendidikan di Indonesia. Tetapi saya harus berkompromi dengan situasi, karena anak-anak saya harus mendapat ijasah dari negara melalui sekolah resmi.

Saya selalu mengajari anak-anak saya dengan 2 cara. Satu cara dengan yang diinginkan sekolah, dan satu cara lagi yang lebih mudah dan praktis. Atau satu tema pelajaran sesuai dengan keinginan sekolah dan satu tema yang jujur sebenar-benarnya. Mohon diingat bahwa tidak selamanya sekolah mengajarkan kejujuran.

Di sini lah bertemunya ilmu yang saya pelajari dan wawasan yang saya dapatkan dengan kejujuran dan cara praktis, logis, dan sistematis yang seharusnya diterima seorang siswa (dalam hal ini anak-anak saya).

Mengubah sistem pendidikan tidak mungkin, tetapi mengakali sebuah sistem bisa dilakukan. Seringkali sebuah tembok terlalu sulit untuk dilewati, tetapi anda bisa mengambil jalan memutar.

Kejujuran tidak akan pernah bisa disembunyikan, tinggal kita yang harus menemukan…

See you in the next postGambar

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

