Senang Kereta Api

Gambar

Anak saya yang nomor 2 ini sangat suka dengan kereta api. Mainannya di rumah kebanyakan kereta api. Buku-buku yang dibelinya kebanyakan juga tentang kereta api. Bahkan saat menjelang tidurpun, maunya didongengi kereta api. Padahal kakaknya tidak suka dengan kereta api. Hobi yang sering dilakukan anak saya yang kedua ini adalah menonton kereta api yang lewat di stasiun. Kebetulan rumah tempat tinggal kami hanya berjarak 2 kilometer dari stasiun. Jadilah kalau libur saya menemani anak saya nongkrong di stasiun selama berjam-jam.

Melihat kereta api memang menarik. Suara lokomotifnya yang menderu, getaran yang ditimbulkan saat lewat, dan hembusan angin kencang saat rangkaian kereta api berlalu memang memiliki pesona tersendiri. Anak saya pun senang dengan semua itu. Dia bahkan tidak pernah takut walaupun sering kaget dengan suara klaksonnya.

Suatu hari saya mengajak anak saya naik kereta listrik. Kami tidak memiliki tujuan ke manapun. Hanya ingin naik kereta listrik. Karena hari libur, kereta tidak terlalu penuh sehingga anak saya bisa menikmati perjalanan ini. Tak bosan-bosannya dia melihat keluar jendela dan selalu diselingi pertanyaan tentang semua yang dilihatnya.

Di waktu yang lain kami sekeluarga mengunjungi orang tua di Bandung dengan kereta api. Wah… anak saya yang nomor 2 senang sekali. Sementara kakaknya sudah bosan karena tidak segera sampai, dia malah mengajak berjalan-jalan di dalam gerbong dari ujung ke ujung. Saat kereta api sampai di stasiun Bandung, dia malah kelihatan sedih dan tidak mau segera pergi karena masih ingin melihat kereta api.

Foto di atas adalah tempat nongkrong kesukaannya. Gerbong datar yang sedang diparkir di pinggir stasiun dan kebetulan berada di bawah pohon. Dari situ dia bisa melihat kereta api saat masih di ujung kelokan rel dan kemudian menatapnya sampai hilang di kejauhan. Dengan berbekal minuman botol yang dibeli di Indomaret, dia betah sekali nongkrong di atas gerbong datar itu. Menunggu pengumuman dari stasiun, kereta apa yang akan lewat, dan rel nomor berapa yang akan dilewati. Dia hapal nomor jalur rel di stasiun itu. Bila kebetulan rel yang akan dilewati bersebelahan dengan gerbong datar yang ditongkronginya, maka dia akan segera bersiap menutup telinga. Lama-lama saya jadi betah juga menemani anak saya ini..

Dari cerita di atas saya semakin menyadari bahwa seringkali kebahagian seorang anak itu tidak diukur dengan materi atau mahalnya mainan yang dimiliki. Bukankah menemani anak menonton kereta api di stasiun itu murah dan menyenangkan?

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Senang Kereta Api

  1. Nice post.
    Bner jg, tnpa hrus mbelikan mainan yg mhalpun kta bs membhgiakan anak.

Leave a Reply

