Belajar Sambil Nonton Film

Gambar

Anak-anak saya sangat menyukai film Pirates of Caribbean. Kami memiliki koleksi VCD semua sekuel film ini, dari yang pertama sampai yang keempat. Memang menyenangkan melihat tingkah konyol Captain Jack Sparrow yang penakut dan sering menghindar dari tanggung jawab, walaupun sebenarnya ia cerdas.

Saat menonton di VCD player, seringkali anak-anak bertanya tentang tempat-tempat yang diceritakan dalam film. Misalnya, laut Karibia itu ada di sebelah mana. Mengapa bajak laut senang berada di sekitar laut Karibia dan seterusnya. Kadang-kadang saat menonton saya membawa globe atau atlas untuk menerangkan tempat yang ingin mereka ketahui.

Tetapi kadang-kadang pertanyaannya mulai lebih sulit dan agak aneh untuk anak-anak seumur mereka. Beberapa hal yang ditanyakan adalah sebagai berikut. Apakah bajak laut itu? Apakah Captain Jack Sparrow benar-benar ada? Apakah Blackbeard benar-benar ada? Siapakah Ponce de Leon itu? Apakah Kraken benar-benar ada? dan seterusnya.

Untuk menjawab pertanyaan itu saya harus mencari referensi yang akurat karena informasi ini akan terus tertanam dalam benak anak-anak. Kalau salah, maka seumur hidup mereka akan mempercayai sebuah kesalahan. Biasanya saya mencari informasi di Wikipedia. Saya copy dan terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saya tambahkan beberapa gambar yang menarik dan dibuat menyerupai sebuah buku kecil. Wah, ternyata mereka senang sekali. Buku buatan saya itu dibaca berkali-kali. Kadang-kadang minta dibacakan menjelang tidur sebagai dongeng.

Tanpa disadari, pengetahuan anak-anak bertambah melalui film yang mereka tonton. Tanpa saya sadari pula, saya pun menjadi bertambah pengetahuan karena mencari informasi yang ditanyakan anak-anak. Berapa banyak ilmu yang bisa didapat dari film ini. Ilmu sejarah, ilmu geografi, biografi orang terkenal dan masih banyak lagi

Inilah salah satu kelebihan film dari Amerika. Setelah menonton, masih akan ada sesuatu yang harus dicerna dan dicari tahu kebenarannya. Mempelajari sesuatu tanpa kita sadari dan tanpa keterpaksaan. Mungkin cara belajar seperti ini akan baik bila diterapkan di sekolah-sekolah. Bagaimana membuat anak-anak terangsang untuk mencari informasi lebih banyak dengan menonton sebuah film.

Sungguh, ini adalah metode pembelajaran yang lain dari yang lain. Saya belum pernah mendengar penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa mengenai hal ini untuk pembuatan skripsi atau thesis. Saya harap ada yang akan mencobanya suatu hari nanti

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

