Arti Nama Anak

Gambar

Anak adalah anugerah, buah cinta, dan harapan bagi orang tua. Maka setelah anaknya lahir, orang tua segera memberi nama kepada bayinya. Sampai ada yang mengatakan bahwa nama anak adalah doa orang tua. Hal ini terjadi juga pada saya akhirnya, setelah istri tercinta melahirkan satu demi satu tiga anak laki-laki yang tanpa disengaja kelahirannya berjarak empat setengah tahun.

Sebagai orang yang dibesarkan dalam tradisi Jawa, maka nama anak harus dipikirkan dengan matang. Biasanya yang memberi nama anak adalah tiga orang yaitu ayahnya, kakek dari pihak ayah dan kakek dari pihak ibu sehingga ada tiga kata dalm satu nama. Setiap selesai melahirkan saya bertanya kepada istri, ingin memberi nama apa untuk anak yang baru dilahirkannya. Istri saya selalu menyerahkan keputusan penting ini kepada saya. Demikian pula dengan ayah mertua dan ayah saya, mereka juga menyerahkan hal ini kepada saya.

Dengan tanggung jawab yang sangat besar ini, saya segera mencari nama yang bagus dan diharapkan sesuai dengan karakter anak nantinya. Setiap orang Katolik umumnya memilih nama babtis yang diambil dari nama orang suci (Santo atau Santa) sebagai nama depan, baru diikuti nama yang diinginkan orang tua. Saya ingin agar nama anak saya unik tetapi juga penuh arti. Dan inilah jadinya nama anak-anak saya.

Anak pertama saya namai Vincentius Seto Wicaksono. Orang suci yang bernama Vincentius ada beberapa, dan yang terkenal adalah Vincentius A Paulo. Maka saya memilih Vincentius yang lain yaitu Vincentius Palotti, seorang Santo yang terkenal karena kebaikan hati dan keteguhan imannya. Santo Vincentius Palotti juga dikenal karena jasadnya yang tetap utuh sampai saat ini walaupun sudah wafat ratusan tahun yang lalu. Seto artinya putih dan Wicaksono artinya bijaksana. Jadi arti lengkapnya adalah seorang yang bijaksana dan putih atau bersih hatinya. Seto juga tokoh wayang dalam kisah Mahabharata yang kulitnya berwarna putih sehingga kadang-kadang seseorang diberi nama Seto dengan harapan agar kulitnya putih dan bersih. Untuk yang satu ini saya agak meleset karena anak saya yang pertama ini kulitnya agak hitam.

Selanjutnya anak yang kedua, bernama Bonifasius Haryo Sadewo. Santo Bonifasius adalah seorang Pastor yang melindungi umatnya di dalam gereja saat diserang kaum barbar. Beliau menghadapai pemimpin gerombolan itu dan menutupi kepalanya dengan kitab suci saat akan dibelah oleh pemimpin gerombolan. Kitab suci terbelah dua, demikian pula dengan kepala Santo Bonifasius sehingga beliau wafat sebagai martir untuk menyelamatkan umatnya. Haryo berarti pemberani dan Sadewo adalah si bungsu Pandawa dalam cerita wayang Mahabharata. Jadi harapan saya adalah agar anak kedua ini selalu mempercayakan hidupnya kepada sabda Tuhan (melalui kitab suci), pemberani dan jadi anak bungsu. Saya dan istri memang bercita-cita hanya ingin memiliki dua anak saja

Ternyata harapan pada Sadewo meleset. Istri melahirkan anak ketiga yang saya beri nama Robertus Bellarminus Kunto Wibisono. Robertus Bellarminus adalah seorang yang sangat pandai dan merupakan Doktor filsafat Gereja sehingga namanya banyak digunakan sebagai nama institusi pendidikan. Sedangkan Kunto Wibisono (lengkapnya Gunawan Kunto Wibisono) adalah putra bungsu resi Wisrawa dan juga adik dari Rahwana dan Kumbakarna. Wibisono memihak kepada Ramawijaya dalam perang memperebutkan Alengka karena dia tahu bahwa perang ini terjadi disebabkan keserakahan kakaknya, Rahwana. Saya berharap agar anak bungsu ini menjadi seorang yang cerdas, pandai dan memihak kepada kebenaran.

Itulah doa dan harapan kepada anak-anak tercinta yang saya wujudkan dalan nama mereka. Semoga mereka bisa menghargai nama yang indah ini dan dapat menyesuaikan diri sehingga nama mereka beul-betul menjadi berkah.

Sekian dan see you on the next post…

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s